Tingkatkan Kinerja PC Anda Dengan Membersihkan Drive Disk Dari File yang Tidak Perlu

Ketika berbicara tentang memelihara komputer Anda, Anda mungkin pernah mendengar semuanya sebelumnya. “Jalankan Defrag!” “Pindai disk Anda untuk menemukan kesalahan!” Meskipun kedua aktivitas ini penting, ada hal lain yang dapat Anda lakukan untuk memperpanjang umur komputer Anda melebihi periode dua tahun saat ini. Faktanya, dengan mengikuti tip sederhana di bawah ini, Anda dapat menikmati penggunaan komputer hingga lima tahun atau lebih, menyisihkan biaya untuk peningkatan perangkat lunak sederhana daripada peningkatan perangkat keras komprehensif yang mahal.

Salah satu hal termudah dan paling murah yang dapat Anda lakukan untuk memperpanjang umur komputer Anda adalah membuang program, folder, dan file yang tidak perlu. Drive disk yang tersumbat dengan file yang tidak perlu dan tidak digunakan adalah drive disk yang bekerja lebih keras dari yang diperlukan. Meskipun sistem defragmentasi Windows dapat mengurangi beberapa tekanan yang ditimbulkan oleh file-file ini pada drive, itu tidak banyak membantu untuk menghilangkan masalah sejak awal. Ini karena program defragmentasi hanya mengatur file pada sistem yang memudahkan akses komputer. (Sehingga mengurangi pekerjaan yang diperlukan untuk menemukan dan memuatnya). Tetapi metode ini hanya “meredakan” gejala yang disebabkan oleh file-file ini, tidak menyerang penyebabnya. File-file ini harus dihapus, bukan “diatur”.

Tentu saja, menghapus file bisa menjadi petualangan yang menakutkan bagi sebagian besar pengguna. Sebagian besar pengguna komputer tidak tahu file mana yang dapat dihapus dengan aman dan mana yang tidak.

Hal terburuk yang dapat dilakukan siapa pun adalah melihat-lihat direktori Windows yang penting dan secara acak menghapus file yang tidak dikenal. Melakukannya dapat membuat program penting tidak berguna, merusak sistem operasi Windows, dan mungkin mencegah komputer untuk memulai. Inilah mengapa sangat penting untuk menggunakan perangkat lunak penghapus khusus. Program penghapusan akan menganalisis sistem operasi komputer dan program yang diinstal untuk menentukan file mana yang penting untuk pengoperasian komputer dan mana yang aman untuk dihapus.

Anda sudah memiliki program semacam itu di komputer Anda dan itu adalah Windows Add or Remove Programs (tersedia dari Control Panel). Perangkat lunak ini akan membantu Anda menghapus program yang tidak hanya Anda inginkan lagi, tetapi juga file tambahan yang digunakan program ini (pustaka tautan dinamis, file basis data, referensi registri, ikon pintasan, dll.).

Tetapi terkadang, menambah atau menghapus program Windows saja tidak cukup. Meskipun perangkat lunak ini melakukan pekerjaan yang baik untuk menghapus program yang tidak diinginkan, beberapa file mungkin tertinggal bahkan setelah pencopotan pemasangan selesai, file yang menjadi file yatim piatu. Dan file yatim piatu inilah yang benar-benar dapat membanjiri hard drive dan memperpendek umur PC yang muda dan tangguh.

Orphans biasanya adalah file yang berisi data sementara yang dibuat oleh program, file yang dibuat oleh pengguna, sebagian file yang tersisa dari kerusakan komputer, atau jenis file lain-lain yang dibuat untuk hampir semua alasan lain. Masalahnya adalah bahwa uninstaller tidak menghapus file yatim piatu yang ditinggalkannya karena mereka tidak pernah menjadi bagian dari program saat pertama kali diinstal. Sebuah uninstaller hanya dapat menghapus file yang ditempatkan pada hard drive selama instalasi rutin.

Jadi sementara Windows Menambah atau Menghapus Program dapat menghapus seluruh program, Anda harus menyingkirkan hal-hal kecil yang mengganggu itu dengan pembersih file yang lebih canggih seperti CleanSweep, misalnya. CleanSweep adalah program unik yang secara khusus akan mencari file yang tidak lagi terkait dengan program dan kemudian menanyakan apakah Anda ingin menghapusnya.

Satu-satunya saat Anda tidak ingin menghapus file yatim piatu adalah jika file tersebut adalah dokumen aktual yang Anda buat sebelum menghapus program. Jika Anda mengatakan uninstall Microsoft Word, semua dokumen yang Anda buat dengan Word akan menjadi file yatim piatu. Atau jika Anda menghapus program pengeditan grafik, semua gambar yang Anda buat dengan program tersebut akan menjadi file yatim piatu.

Hal paling cerdas yang dapat Anda lakukan saat tidak ingin kehilangan data yang Anda buat dengan program yang tidak diinginkan adalah:

  1. Simpan atau konversikan dokumen Anda ke format yang pertama kali berfungsi dengan program lain (yaitu, program yang ingin Anda simpan)
  2. Simpan di floppy disk, flash drive, atau CD-ROM.
  3. Lanjutkan dengan program seperti CleanSweep.

Menggunakan CleanSweep atau jenis utilitas serupa lainnya dapat menghapus dari kurang dari satu megabyte ruang hard drive menjadi lebih dari lima megabyte atau lebih. Ini mungkin tampak seperti “materi yang menyumbat” dalam jumlah kecil, tetapi untuk komputer Anda, prosesnya jauh lebih sedikit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *