Keamanan Komputer | Melindungi Komputer Anda Adalah Suatu Persyaratan

Kemajuan teknologi komputer adalah pedang bermata dua. Di satu sisi, ini memberi kita akses cepat dan mudah ke berbagai kemudahan, seperti rekening koran, pusat perbelanjaan favorit, catatan sekolah dan kesehatan, dan banyak lagi. Di sisi lain, Anda juga dapat memberikan akses yang sama kepada mereka yang tidak seharusnya mendapatkannya. Meski jarang, peretasan telah menjadi gangguan kriminal terbesar dalam sejarah komputasi.

Jangan khawatir. Tidak ada yang lugu atau manis tentang si peretas. Peretas saat ini bukanlah pemberontak remaja berwajah berjerawat yang mungkin Anda pikirkan. Sebaliknya, generasi peretas ini adalah orang dewasa yang mungkin mencari nafkah dengan mencuri identitas orang-orang yang taat hukum dan kemudian menjual identitas tersebut kepada orang lain yang ingin menyelinap keluar dari sistem. Dan satu-satunya perlindungan terhadap orang-orang kotor ini adalah pencegahan.

Keamanan komputer tidak bisa lebih penting daripada saat ini dan itulah mengapa kami telah meluangkan waktu untuk memperkenalkannya kepada Anda. Anda dapat mengurangi kemungkinan pencurian identitas dengan membuat komputer Anda tahan terhadap peretas. Yang dibutuhkan hanyalah sedikit perangkat lunak dan banyak akal sehat.

  1. Instal program antivirus / antispyware. Perangkat lunak antivirus / antispyware akan mencegah kode berbahaya diunduh dan diinstal di komputer Anda saat menjelajah Internet. Kode berbahaya ini, yang dikenal sebagai virus, worm, atau spyware, dapat menghancurkan file penting dan membuat komputer Anda berguna hanya untuk satu hal: mengirim data rahasia ke server pencuri identitas.
  2. Pertama-tama, jangan menyimpan data rahasia di komputer Anda. Jika komputer Anda terinfeksi virus, worm, atau spyware, Anda dapat membuat frustrasi mereka yang bertanggung jawab dengan tidak menyimpan informasi pribadi Anda di PC Anda sehingga ketika dan jika komputer Anda mengirim data, itu tidak ada nilainya. . Peretas mencari hal-hal seperti nama lengkap, nomor jaminan sosial, nomor telepon, alamat rumah, informasi terkait pekerjaan, dan nomor kartu kredit. Jika hal-hal ini tidak disimpan di komputer, tidak ada yang perlu dikhawatirkan selain memulihkan komputer Anda ke kondisi bebas virus.
  3. Jangan membuka file tanpa memindainya dengan program antivirus / antispyware. Di masa lalu, peringatannya adalah menghindari membuka file dari orang yang tidak Anda kenal. Saat ini, tidak aman untuk membuka file siapa pun (tanpa memindai file) karena begitulah cara virus menyebar, melalui file, bahkan karena kesalahan. Jadi meskipun rekan kerja Anda mengirimi Anda video lucu melalui email, tidak lebih aman untuk membukanya daripada video yang diunduh dari orang asing. Aman dan pindai setiap file yang Anda unduh dari Internet atau terima melalui email, dari mana pun asalnya.
  4. Ciptakan pembatas antara komputer Anda dan pengintai. Program antivirus / antispyware hanya efektif setelah efek. Tetapi Anda dapat mencegah pencurian identitas dengan memasang firewall. Firewall adalah perangkat lunak yang memverifikasi semua data yang masuk dan keluar dari komputer dan kemudian memblokir data yang tidak memenuhi kriteria keamanan yang ditentukan (aturan yang ditentukan pengguna).
  5. Jangan klik link situs web dalam pesan spam. Dalam upaya mendapatkan informasi pribadi, beberapa pengirim spam akan mengirimi Anda email yang meminta Anda untuk mengklik link. Email sering kali disamarkan sebagai pesan penting dari perusahaan online terkenal dan sering kali mencoba untuk menakut-nakuti pembacanya agar mengklik tautan yang mengancam untuk menutup akun. Terkadang tautan tidak berbahaya dan mencoba mengelabui pembaca agar secara sukarela memberikan informasi pribadi (nomor kartu kredit), tetapi di lain waktu tautan mencoba mengunduh perangkat lunak berbahaya ke komputer.

Perlindungan terbaik Anda terhadap kejahatan dunia maya adalah pengetahuan Anda sendiri. Semoga tip di atas akan membantu Anda mengambil tindakan yang tepat dan melindungi komputer Anda dengan alat yang disarankan. Dengan melakukan itu, Anda tidak hanya akan melindungi diri Anda sendiri, tetapi Anda akan mencegah penyebaran aktivitas jahat ini dan melindungi orang lain pada saat yang bersamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *