Pembajakan Software | Lebih Baik Menghindarinya Dengan Segala Cara

Seperti pencurian identitas elektronik, virus komputer, dan penyebaran kejahatan dunia maya lainnya, pembajakan perangkat lunak sedang meningkat. Masalah dengan pembajakan perangkat lunak adalah bahwa biaya perangkat lunak membuat aktivitas ilegal ini menarik bagi pengguna akhir. Lagipula, siapa yang akan terluka? Perusahaan perangkat lunak yang kaya? Artikel ini menyelidiki pembajakan perangkat lunak secara keseluruhan dan pengaruhnya terhadap industri penggunaan komputer.

Korban pembajakan perangkat lunak yang paling rentan adalah perusahaan perangkat lunak atau pengembang independen yang membuat dan mendistribusikan perangkat lunak komersial atau shareware. Kami menjelaskan shareware di artikel lain, tetapi karena perangkat lunak komersial dan shareware memerlukan pembayaran, mereka menjadi sasaran peretas yang ingin menjadikan program jenis ini bebas digunakan.

Bergantung pada perjanjian hukum yang mengikat Anda, pemberian lisensi umumnya memungkinkan penggunaan satu program pada satu komputer. Pengaturan ini biasanya baik-baik saja untuk pengguna yang menggunakan perangkat lunak di rumah di komputer. Tetapi dalam lingkungan di mana ada lima, sepuluh, dua puluh, atau lebih komputer, membeli lisensi untuk setiap komputer bisa sangat mahal. Sangat mahal sehingga godaan untuk meretas sedikit perangkat lunak di sana-sini bisa sangat menggoda.

Rekan kerja sudah familiar dengan godaan ini dan seringkali mereka adalah orang-orang yang “berbagi” perangkat lunak yang dibeli dengan mereka yang membutuhkannya. Namun, godaan yang sama juga mendorong orang lain untuk secara sadar atau tidak sadar membeli salinan perangkat lunak komersial atau perangkat lunak berpemilik bajakan.

Meski menggoda, itu masih ilegal dan hukuman / denda untuk berbagi perangkat lunak berpemilik atau komersial terlalu berat untuk satu orang. Dalam berita baru-baru ini, “Yahoo China kehilangan kasus pembajakan musik (AP via Yahoo! News). Pengadilan memerintahkan anak perusahaan Yahoo Inc. di China untuk membayar $ 27.000 untuk membantu pembajakan musik, kata perusahaan itu pada hari Selasa. industri. ” “Anggota Parlemen Uni Eropa Menyetujui Penahanan dan Denda untuk Pembajakan Komersial Besar (International Herald Tribune) Anggota parlemen Uni Eropa memberikan suara Rabu untuk mendukung undang-undang yang akan menetapkan hukuman penjara dan denda untuk pembajakan komersial skala besar, tetapi akan membebaskan paten dan salinan yang dibuat untuk penggunaan pribadi.”

Untungnya, ada alternatif lain. Sekolah dapat meneliti versi perangkat lunak siswa komersial atau meminta diskon sekolah. Hanya karena biaya sekolah tidak dipublikasikan bukan berarti tidak tersedia. Perangkat lunak gratis atau sumber terbuka (juga dijelaskan di artikel kami yang lain) adalah alternatif lain untuk membajak perangkat lunak komersial dan shareware. Dan menggunakan program versi lama dapat mengurangi biaya yang terkait dengan versi komersial.

Sampai saat ini, opini publik kurang percaya pada perangkat lunak bebas atau sumber terbuka, sering melihatnya sebagai tiruan berkualitas rendah dari produk komersial yang lebih populer. Tetapi jika Anda melihat lebih dekat pada apa yang ditawarkan tanpa biaya, Anda mungkin akan terkejut. Kualitas perangkat lunak bebas dan sumber terbuka saat ini menciptakan jurang pemisah yang tajam dalam komunitas bisnis dan benar-benar mendorong persaingan. Sedemikian rupa, bahkan beberapa perusahaan pengembang perangkat lunak terkenal telah bergabung dan menciptakan beberapa produk open source gratis.

Jika Anda dapat mengingat bahwa ada banyak alternatif untuk perangkat lunak komersial yang mahal (dan Anda berusaha untuk melakukannya), Anda akan menemukan bahwa Anda dapat mengikuti industri komputer lainnya dengan biaya yang jauh lebih murah daripada jika Anda mencobanya. untuk membayar biaya Anda melalui perangkat lunak. Pembajakan perangkat lunak bukanlah jawabannya.

2 comments

  1. I really like looking through a post that will make men and women think.
    Also, many thanks for permitting me to comment!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *