Nirkabel Pribadi dengan Bluetooth

Jika Anda sudah memiliki jaringan nirkabel untuk komputer Anda, Anda mungkin sangat tertarik dengan apa yang akan datang selanjutnya. Apakah Anda ingin PDA Anda, ponsel Anda, pemutar mp3 Anda dan hampir semua yang Anda hubungkan ke komputer Anda juga bisa nirkabel? Itu sudah menjadi kenyataan.

 

Area kerja pribadi

Menggunakan jaringan nirkabel dengan perangkat pribadi Anda sering disebut sebagai PAN, yang merupakan singkatan dari Personal Area Network. Idenya adalah bahwa di masa depan, kita semua akan memiliki laptop dengan baterai yang terisi daya dan tidak perlu lagi menyambungkan kabel apa pun ke sana: cukup letakkan perangkat Bluetooth Anda di dekat komputer, dan komputer akan melihatnya dan Anda dapat langsung menggunakannya.

Bluetooth telah ada dan digunakan sejak 1999, dan semakin populer. Ini dirancang agar aman, murah, dan mudah digunakan sejak hari pertama.

Ada dua kelas Bluetooth yang populer digunakan: Kelas 1 dan Kelas 2. Kelas 2 adalah standar yang paling umum dan murah, memungkinkan Anda menggunakan perangkat yang berjarak hingga 10 meter (32 kaki). Kelas 1 lebih jarang, tetapi Anda masih dapat menemukan perangkat yang menggunakannya dengan cukup mudah, dan jaraknya sepuluh kali lipat – 100 meter atau 320 kaki.

 

Bagaimana cara kerjanya?

Bluetooth lebih fleksibel daripada jaringan nirkabel 802.11, sebagai gantinya untuk jangkauan yang lebih pendek. Pada dasarnya, komputer berkemampuan Bluetooth memiliki penerima Bluetooth yang terpasang, dan penerima ini dapat digunakan hingga dengan 7 perangkat Bluetooth terdekat. Di sisi lain, perangkat nirkabel tidak perlu memasang Bluetooth jika mendukungnya; itu sudah terintegrasi.

Seperti 802.11, Bluetooth bekerja dengan menggunakan sinyal radio untuk menciptakan bandwidth. Ini tidak sama dengan mouse atau keyboard nirkabel kuno, namun, yang membutuhkan penerima untuk dicolokkan ke salah satu port komputer Anda, dan tidak memiliki jangkauan atau stabilitas atau dekat dengan Bluetooth.

Banyak komputer sekarang dilengkapi dengan Bluetooth bawaan, terutama Apple Mac. Jika Anda ingin menambahkan Bluetooth ke komputer yang belum terpasang sebelumnya, Anda mungkin harus menggunakan adaptor USB ke Bluetooth, meskipun ada perangkat Bluetooth internal untuk dipasang di komputer Anda. Jika Anda memiliki laptop cadangan dan slot PCMCIA, Anda juga bisa mendapatkan kartu Bluetooth untuk itu.

 

Apa yang dapat Anda lakukan dengan Bluetooth?

Ponsel Bluetooth sangat populer, seperti halnya PDA – sinkronisasi instan alamat dan kalender dengan komputer adalah fitur yang berguna. Selain itu, hampir semua hal yang biasanya menggunakan USB dapat dilakukan dengan menggunakan Bluetooth, termasuk kamera digital, pemutar mp3, printer, bahkan mouse dan keyboard. Jika Anda melihat daftar lengkap ‘profil’ Bluetooth (jenis perangkat yang secara teori dapat mengaktifkan Bluetooth), itu termasuk telepon nirkabel, faks, headset, dan bahkan video.

Pada dasarnya, lebih dari apa pun, Bluetooth adalah pengganti USB – beberapa orang mengatakan bahwa sementara nirkabel 802.11 adalah Ethernet nirkabel, Bluetooth adalah USB nirkabel.

 

Bukan hanya untuk komputer

Bagian dari kekuatan Bluetooth adalah tidak hanya digunakan untuk menghubungkan berbagai hal ke komputer, tetapi dapat digunakan untuk menghubungkan hampir semua hal ke hal lain, jika keduanya berkemampuan Bluetooth dan saling mengenali.

Ponsel, khususnya, mendapat manfaat dari ini. Headset handsfree sering kali menggunakan Bluetooth untuk berkomunikasi dengan telepon. Beberapa mobil, misalnya, sekarang memiliki komputer terpasang yang akan terhubung dengan telepon Bluetooth dan memungkinkan Anda melakukan panggilan bebas genggam di mana pun telepon berada di dalam mobil (bahkan jika Anda meninggalkannya di tas Anda di dalam bagasi!)

Selain itu tentunya perangkat Bluetooth dapat saling berkomunikasi. Hal ini menyebabkan beberapa orang mengirim pesan dari Bluetooth PDA mereka ke orang lain di sekitar, yang bukan merupakan fitur yang sangat berguna, tetapi cukup menyenangkan. Ini disebut ‘bluejacking’, dan kejadian pertama yang tercatat adalah seorang pria yang mengirim pesan Bluetooth ke ponsel Nokia orang lain saat mereka bersama di bangku. Apa isi pesan itu? ‘Beli Ericsson’.

Sejak itu, pengiriman gambar melalui bluejacking menjadi mungkin, dan diyakini sebagai media periklanan terbaru; ya, ini memungkinkan baliho mengirim pesan ke ponsel Anda, praktik yang dikenal sebagai ‘bluecasting’. Apakah menurut Anda itu keren atau mengganggu tentu saja pilihan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *