Pemasangan Kabel Jaringan Komputer Rumah Anda – Masih Diperlukan?

Dengan perkembangan peralatan komunikasi dan jaringan nirkabel, sangat menggoda untuk memotong kabel dan menghemat sejumlah besar uang dalam prosesnya. Tetapi dapatkah segala sesuatu yang dibutuhkan oleh pengguna biasa jaringan komputer dilakukan hanya dengan menggunakan jaringan nirkabel? Mari kita lihat beberapa pro dan kontra:

  1. Keuntungan penting dari memiliki jaringan kabel adalah bandwidth yang tersedia atau hanya kecepatannya. Saat ini, kecepatan koneksi melalui kabel CAT5E yang sederhana dan murah dapat mencapai 1000 Mbit / detik, sedangkan yang terbaik yang dapat ditawarkan oleh IEEE802.11g (salah satu dari banyak varian Wi-Fi) hanya 54 Mbit / detik. Ini mungkin tidak terlihat signifikan jika Anda pikir Anda hanya menjelajah internet, dan kecepatan DSL yang tersedia untuk Anda adalah 1,5 Mbit / detik. Namun, jika Anda perlu mencetak melalui koneksi jaringan ke printer jarak jauh, Anda harus mengetahui bahwa pekerjaan pencetakan, tergantung pada jumlah data grafik di dalamnya, dapat dengan mudah mencapai puluhan dan bahkan ratusan megabyte. Karena 1Byte = 8 bit, pekerjaan cetak 100 MByte akan memakan waktu 15 detik (dan sebenarnya kali ini bisa lebih lama) untuk dikirim melalui koneksi nirkabel Wi-Fi, dan kali ini dikurangi menjadi hanya 1 detik atau kurang pada 1000 MBit / s koneksi Ethernet kabel. . Prinsip yang sama berlaku untuk mentransfer file, mencadangkan file ke komputer lain di jaringan, dll.
  2. Saat ini tidak mungkin dan kemungkinan besar tidak akan mungkin di masa depan untuk mengirimkan daya yang diperlukan untuk perangkat jaringan Anda melalui sambungan nirkabel. Kecuali, tentu saja, Anda bersedia menjalani radiasi gelombang mikro tingkat tinggi. Oleh karena itu, perangkat yang dipasarkan kepada Anda sebagai “offline” sebenarnya akan diikat dengan erat melalui kabel daya atau perlu diisi ulang dari waktu ke waktu. Kebutuhan daya menjadi semakin penting untuk perangkat yang diharapkan selalu online, seperti telepon. Oleh karena itu, sebaiknya dihubungkan melalui kabel yang dapat menghantarkan daya dan sinyal komunikasi pada saat yang bersamaan.
  3. Komunikasi nirkabel adalah hak milik dan memerlukan peralatan konversi lengkap untuk mengirimkan sinyal multimedia. Kabel CAT5E yang sama dapat mendukung telepon, jaringan komputer, sinyal audio level saluran yang seimbang, sinyal video pita dasar, dan sinyal aplikasi kontrol lain yang lebih khusus tanpa modifikasi apa pun. Dengan adaptor murah yang disebut “baluns,” kabel yang sama dapat membawa sejumlah besar saluran televisi broadband atau membawa video pita dasar, seperti keluaran kamera keamanan, dalam jarak jauh. Semua aplikasi tersebut kecuali jaringan komputer tentu saja akan membutuhkan peralatan konversi khusus yang mahal jika perlu dikirim melalui tautan Wi-Fi.
  4. Manfaat biaya tidak memasang kabel rumah tidak sesederhana kedengarannya. Setelah memasang jaringan nirkabel di rumah, Anda hanya menghilangkan kebutuhan untuk memasang kabel untuk satu aplikasi: jaringan komputer. Namun, rumah modern membutuhkan semua jenis kabel agar berfungsi bahkan tanpa memperhitungkan komputer. Listrik dan telepon adalah contoh nyata, seperti termostat dan sistem keamanan. Speaker pra-kabel adalah hal yang umum dan kebanyakan rumah saat ini memiliki sistem interkom sebagai opsi yang diinginkan, dan itu juga membutuhkan kabel yang ekstensif. Kontraktor yang sama yang mengoperasikan interkom atau kabel keamanan kemungkinan besar memenuhi syarat untuk memasang kabel komputer, CAT5E atau yang lebih baik. Jika Anda membangun rumah, Anda harus memeriksa apakah opsi kabel komputer tersedia di rumah baru Anda, dan saran kami adalah membelinya sebelum dinding ditutup. Ini akan menjadi prosedur yang cukup rumit dan mahal untuk memasang kabel nanti. Sebagai manfaat biaya tambahan dari jaringan komputer berkabel, Anda akan menemukan bahwa semua komputer modern dilengkapi dengan kartu antarmuka jaringan Ethernet berkabel, dan model terbaru dikirimkan dengan kartu 1000 MBit / detik yang pada dasarnya gratis untuk pemilik komputer.

Ada berbagai sumber informasi yang tersedia tentang perencanaan dan desain kabel perumahan yang tepat untuk suara, data, audio, video, dan aplikasi lainnya. Salah satu sumber terbaik adalah standar TIA / EIA-570B, versi terbaru diterbitkan pada tahun 2004. Standar tersebut menjelaskan jenis kabel yang direkomendasikan, prinsip distribusi kabel dalam unit hunian tunggal dan multi, serta kuantitas yang disarankan Kabel yang akan dipasang sesuai dengan ukuran rumah.

Kesimpulannya, memotong kabel tampak seperti sebuah langkah maju, semacam pembebasan komputer dari keterkaitan infrastruktur. Namun, saya akan memperingatkan pembaca untuk mengambil pendekatan yang lebih seimbang dan terinformasi sebelum bergabung dengan revolusi nirkabel. Masih ada (dan akan tetap ada untuk masa mendatang) alasan bagus untuk memasang sistem kabel yang dirancang dengan baik pada daftar opsi rumah impian Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *