Komputer Lambat? Optimalkan dengan alat yang tepat

Mengapa sepertinya setiap kali Anda mendapatkan komputer baru, komputer berjalan dengan kecepatan sangat tinggi hanya dalam beberapa bulan sebelum menjadi lambat dan melelahkan dengan tugas-tugasnya? Apakah ini sesuatu yang harus kita jalani atau dapatkah kita melakukan sesuatu untuk menjaga komputer kita tetap berjalan pada kecepatan optimal?

Yang benar adalah bahwa komputer tidak menjadi lebih lambat seiring bertambahnya usia, komputer yang lambat adalah tanda bahwa ada sesuatu yang benar-benar menahan PC Anda dan memengaruhi kinerjanya. Dan kabar baiknya adalah Anda dapat melakukan sesuatu untuk mengatasinya.

Ada banyak hal yang dapat memengaruhi kinerja komputer Anda, mulai dari memori rendah hingga hard drive yang terfragmentasi dan segala sesuatu di antaranya. Hal-hal yang dapat mempengaruhi kinerja komputer Anda biasanya adalah perbuatan Anda. Soalnya, setiap kali kami mengunduh program atau menghapus program, kami memengaruhi cara komputer kami beroperasi. Perubahan operasi ini dapat meninggalkan lubang pada prosedur operasi PC kita atau bahkan dapat meninggalkan program yang dapat mempengaruhi kinerja komputer kita.

Berikut beberapa hal yang dapat membuat komputer Anda lambat:

  • Menjalankan program di latar belakang: Program ini adalah aplikasi perangkat lunak yang berjalan di latar belakang meskipun tidak sedang digunakan. Anda bahkan mungkin tidak tahu bahwa mereka sedang berjalan, tetapi mereka dapat menghapus memori yang berharga dan sangat memperlambat tugas Anda yang lain. Untuk melihat apakah Anda memiliki program yang berjalan di latar belakang, tekan Ctrl + Alt + Del secara bersamaan. Kotak yang muncul akan menampilkan semua aplikasi yang sedang berjalan.
  • Hard Drive Penuh – Jika hard drive Anda terlalu penuh dengan data, ia tidak akan memiliki cukup ruang untuk melakukan pekerjaan rumah tangga. Hard drive Anda harus memiliki setidaknya 2MB hingga 3MB ruang kosong.
  • Hard drive terfragmentasi: Saat Anda mendownload dan menghapus program, hal ini akan membuat lubang di hard drive Anda. Lubang-lubang ini berarti bahwa PC Anda harus mencari lebih jauh untuk file yang dibutuhkannya dan tidak harus dalam urutan yang Anda butuhkan.
  • Bagian yang tersisa: Saat Anda menginstal dan menghapus program Windows, mereka meninggalkan bagian atau aplikasi yang dapat memperlambat komputer Anda. Anda bahkan tanpa sadar dapat menghapus file yang diperlukan oleh aplikasi perangkat lunak lain. (Catatan: Spyware dan virus juga dapat memperlambat kinerja PC Anda, tetapi untuk tujuan artikel ini, kami berasumsi bahwa masalahnya terletak pada kesalahan aplikasi.)

Jadikan PC Anda berjalan seperti baru

Meskipun ini bukan ilmu roket, mengembalikan komputer Anda ke kecepatan kilat sekali lagi akan membutuhkan sedikit usaha. Terkadang ini semudah menjalankan program Alat Sistem Windows. Anda dapat menemukan program-program ini dengan mengklik “Start”, “All Programs”, “Accessories”, dan “System Tools”. Di sini Anda akan menemukan berbagai pengoptimal sistem untuk membantu Anda mengosongkan ruang disk, mendefrag PC Anda, dan mendeteksi serta memperbaiki kesalahan disk.

Selain alat yang sudah diinstal pada PC Anda, Anda dapat memilih untuk mengunduh program tambahan untuk mengoptimalkan kinerja komputer Anda. Pengoptimal ini dapat dibeli sebagai satu set dengan program perangkat lunak lain yang dapat membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari komputer Anda. Ini hanyalah beberapa program pengoptimalan tambahan yang mungkin Anda inginkan untuk PC Anda:

  • Pengoptimal Memori – Saat Anda menggunakan komputer, beberapa program dan aplikasi diperlukan untuk menangani semua yang Anda lakukan. Masing-masing program ini menggunakan memori. Saat memori pendek, waktu respons komputer menjadi lambat. Pengoptimal Memori membantu alokasi memori ke setiap program lebih efisien. Ini dapat membantu Anda menghilangkan runtime PC yang lambat, Windows crash atau crash, kehilangan data, dan shutdown yang tidak diinginkan.
  • Registry Deffrager dan Optimizer – Seperti disebutkan di atas, registry yang bocor menyebabkan waktu respons yang lambat saat PC Anda mencari data yang dibutuhkan. Program ini meningkatkan waktu respons sistem dan menghemat memori dengan membuat log yang lebih kecil.
  • Pengoptimal Windows: Kita semua menggunakan komputer secara berbeda. Beberapa menggunakan komputer mereka sebagai pusat hiburan dan media, sementara yang lain menggunakan komputer mereka untuk menyimpan data dan untuk tujuan bisnis. Pengoptimal Windows memungkinkan Anda untuk mengubah pengaturan program agar bekerja sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tentu saja, komputer yang lambat merepotkan dan dapat membuat Anda ingin keluar dan membeli model baru. Tetapi sebelum Anda menyerah pada model Anda saat ini, pastikan Anda telah mengoptimalkannya terlebih dahulu. Anda mungkin terkejut dengan berapa banyak umur yang tersisa dari PC Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *