Masalah Keamanan Jaringan Rumah Nirkabel

Menjalankan bisnis dari rumah memiliki manfaatnya, antara lain tidak ada perjalanan pulang pergi, jadwal kerja yang lebih nyaman, kopi segar, dan makanan rumahan kapan pun Anda mau. Tetapi menjalankan bisnis dari rumah menggunakan jaringan area lokal nirkabel (WLAN) rumah dengan komputer Anda dapat menyebabkan pencurian informasi rahasia dan penetrasi peretas atau virus kecuali jika tindakan yang tepat telah diambil. Saat WLAN mengirim informasi bolak-balik melalui gelombang radio, seseorang dengan jenis penerima yang tepat di sekitar Anda dapat menerima transmisi tersebut, sehingga memperoleh akses ke komputer Anda. Berikut adalah daftar hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebagai hasil dari penerapan pengaturan jaringan nirkabel rumah yang digunakan dalam bisnis Anda:

Virus dapat dimuat ke laptop Anda dan ditransfer ke jaringan perusahaan saat Anda kembali bekerja. Hingga 75 persen pengguna jaringan nirkabel rumah WLAN tidak menginstal fitur keamanan standar, dan 20 persen dibiarkan terbuka penuh sebagai pengaturan default dan tidak dilindungi, tetapi dirancang agar pengguna tetap aktif dan menjalankan jaringan secepat mungkin. Direkomendasikan agar konfigurasi sistem router / jalur akses jaringan rumah nirkabel selalu dilakukan melalui klien berkabel. Selalu ubah kata sandi administratif default di jalur akses / router jaringan nirkabel rumah Anda menjadi kata sandi yang kuat.

Aktifkan setidaknya enkripsi WEP 128-bit pada kartu dan titik akses. Ubah kunci WEP Anda secara berkala. Jika komputer Anda tidak mendukung setidaknya enkripsi WEP 128-bit, pertimbangkan untuk menggantinya. Meskipun ada masalah keamanan dengan WEP, ini mewakili tingkat keamanan minimal dan harus diaktifkan. Ubah SSID default di router / titik akses Anda ke nama yang sulit ditebak. Setel perangkat komputer Anda untuk terhubung ke SSID ini secara default.

Konfigurasikan router / titik akses untuk tidak menyiarkan SSID. SSID yang sama harus dikonfigurasi di sisi klien secara manual. Fitur ini mungkin tidak tersedia di semua komputer. Konfigurasikan router jaringan nirkabel rumah Anda untuk memblokir permintaan atau ping anonim dari Internet. Di setiap komputer yang memiliki kartu jaringan nirkabel, properti koneksi jaringan harus dikonfigurasi untuk mengizinkan koneksi ke jaringan titik akses saja. Koneksi komputer-ke-komputer (peer-to-peer) tidak boleh diizinkan. Aktifkan pemfilteran MAC. Tolak koneksi ke jaringan nirkabel untuk alamat MAC yang tidak ditentukan. MAC atau alamat fisik dapat diakses melalui pengaturan koneksi jaringan nirkabel perangkat komputasi Anda dan secara fisik ditulis pada kartu jaringan. Saat menambahkan kartu / komputer nirkabel baru ke jaringan, alamat MAC mereka harus terdaftar dengan router / titik akses.

Router jaringan nirkabel rumah Anda harus mengaktifkan fitur firewall dan fitur zona demiliterisasi (DMZ) dinonaktifkan. Uji perangkat keras dan firewall pribadi Anda secara berkala menggunakan uji Shields Up yang tersedia di http://www.grc.com. Semua komputer harus memiliki firewall pribadi yang dikonfigurasi dengan benar selain firewall perangkat keras. Perbarui firmware router / titik akses ketika versi yang lebih baru tersedia. Temukan router / titik akses jauh dari orang asing sehingga mereka tidak dapat mengatur ulang router / titik akses ke pengaturan default. Juga, cari titik akses / router di tengah gedung daripada di dekat jendela untuk membatasi jangkauan sinyal di luar gedung. Ketahuilah bahwa tidak ada yang 100%. Meskipun tidak ada tindakan yang disarankan di atas yang akan memberikan perlindungan penuh 100%, ada tindakan pencegahan yang akan membantu. Kumpulan tindakan pencegahan yang disarankan yang terdapat dalam dokumen ini dapat membantu Anda mencegah penyusup mencoba mengakses jaringan nirkabel rumah Anda. Penangkal ini membuat jaringan tidak aman lainnya menjadi target yang lebih mudah untuk dibujuk oleh penyusup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *